CARA MENGATASI SUPLAY AIR MESIN CUCI

Posted by

Menggunakan mesin cuci Automatic top atau front loading memang sangat memanjakan kita, dengan pencet tombol On Off lalu tombol start dah beres sampai selesai ― tapi gimana kalau tiba-tiba air tidak mau masuk atau air masuk terus sampai tumpah karena penuh, bahkan ada yang rusak pada saat mengeringkan ( spin ) air tetap mengalir sehingga cucian tidak bisa kering.

Untuk mengatasi selenoid water inlet bermasalah dengan cara sebagai berikut :
  1. Bersihkan saringan pada selenoid water in let. Air kadang tidak dapat masuk karena saringan air kotor tertutup lumut.
  2. Selang air tertekuk menjadi salah satu penyebab air tidak dapat masuk ke tabung cucian.

Cara cek selenoid water inlet mesin cuci
  1. Pastikan pada kumparan magnet tidak gosong terbakar, ganti dengan yang baru bila terbakar.
  2. Cek menggunakan multimeter, paztikan menunjukkan hambatan tertentu.
  3. Cek secara langsung menggunakan arus listrik 220 volt


Bila dari segi fisik selenoid water inlet tidak masalah, cek dengan memberi tegangan langsung 220 volt ( ingat.... ini berhubungan dengan tegangan tinggi yang dapat membahayakan keselamatan anda ). Getaran akan terjadi bila selenoid water inlet kondisi masih baik.


CARA PERBAIKI ERROR SELENOID WATER INLET
Maksud dari water inlet error yaitu bukan karena rusak akan tetapi arus listrik ke water inlet bermasalah yaitu arus selalu ada terus menerus selama mesin cuci kondisi On atau arus listrik ke water inlet tidak ada.

Cek kabel dari selenoi water inlet menuju ke resistor, bila resistor dalam keadaan baik atau tersambung selanjutnya cek pada IC TRIAC AC S1086S, bila kondisi pecah rusak ganti dengan yang baru. Mengganti IC TRIAC tidak perlu sama nomer serinya, bisa menggunakan BCR1AM, BCR08, BT131, atau transistor triac yang sejenisnya.

Cara membuka modul mesin cuci ini cukup mudah, gunakan soldier yang ujungnya sudah diruncingkan atau menggunakan pisau yang dipanaskan lalu sobek plastik penutup di bawah modul, ingat jangan terlalu dalam karena dapat merusak komponen yang didalam beserta jalur PCB.

Demikian cara mengatasi selenoid water inlet mesin cuci error atau tidak bekerja.
Semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 3:52 AM

Translate

Powered by Blogger.