Perbaikan Mesin Cuci dengan putaran Motor tidak bisa mencapai high speeed

Posted by

Carbon brush













Penggunaan putaran cepat pada mesin cuci adalah untuk memeras, membilas dan mengeringkan pakaian yang sedang dicuci. Jika putaran dari mesin cuci tidak dapat mencapai kecepatan putar tertinggi(high speed) maka pakaian tidak akan optimal dalm prosese pemerasannya. Kerusakan yang biasa terjadi pada mesin cuci front loading adalah motor tidak bisa berputar mencapai high speed atau putaran motor tidak bisa cepat atau dengan kata lain mesin cuci tidak mampu untuk memeras pakaian, dan aneh nya tidak ada indikasi kode error yang dimunculkan.
Kerusakan ini terlihat ketika pada proses putaran cepat motor tidak dapat bekerja, padahal sejak awal di start mesin terlihat bekerja secara nornal. Pada Kerusakan yang lebih parah adalah motor tidak dapat berputar sama sekali.

Kerusakan seperti ini biasanya terjadi pada mesin cuci yang telah berumur lama kira kira di atas 1 tahun dengan pemakaian normal. Adapun kerusakan ini disebabkan karena telah ausnya karbon brush yang mengalirkan listrik ke motor penggerak. Dalam beberapa kejadian adalah terlepasnya koneksi kabel carbon brush yang disebabkab getaran mesin cuci.

Langkah langkah yang diperlukan untuk memperbaiki mesin cuci front loading electrolux - motor tidak bisa high speed adalah :

  1. Dalam kondisi mesin tidak ada beban dan listrik di matikan, bukalah pentup mesin bagian  belakang.
  2. Lepaskan soket dari kabel kabel yang masuk kedalam motor utama.
  3. Lepaskan Motor Utama
  4. Lepaskan dudukan carbon brush pada motor utama
  5. Ganti karbon brush dengan yang baru
  6. Pasangkan kembali motor dan penutup pintu belakang.
Biasanya setelah diganti karbon brush mesin akan berfungsi kembali. Semoga dapat bermanfaat. 


Blog, Updated at: 8:09 AM

Translate

Powered by Blogger.