Ganti As Kopling Sekaligus Cuci Tabung Mesin Cuci LG WFT-755TS

Posted by

KROTAK KROTAK KRAKKK….. begitulah bunyi mesin cuci LG WFT755-TS yang telah melakukan cucian di rumah selama hampir 10 tahun ini. Kenangan awal, mesin ini dibeli dibeli pada Februari 2003 dengan harga 2.2 juta, mulanya untuk meringankan kerja mama mencuci pakaian. Tapi pada dasarnya mama masih kurang sreg dengan mesin cuci, dengan alasan kurang bersih, boros air dan listrik, mama masih tetap memilih mencuci dengan tangan. Hingga April 2003 tiba-tiba mama terserang stroke dan mencuci dengan mesin menjadi pekerjaan rutin sehari-hari. Hingga sekarang, hampir tiap hari mesin dengan kapasitas 7.5KG ini melakukan kewajibannya, mencuci pakaian seluruh keluarga. Pada masa-masa awal termasuk pakaian adik Novi yang paling banyak karena hampir setiap hari ada saja pakaiannya yang perlu di cuci. Kemudian adik Novi menikah dan pindah sehingga cucian menjadi sedikit berkurang, yang pasti dengan setia tetap mencuci pakaian mama yang kala itu sakit stroke. Kemudian ditambah dengan pakaian Rose dan setelah mama meninggal pekerjaan mencuci sedikit berkurang  menjadi 2 hari sekali. Namun kadang-kadang ketika pulang berlibur beberapa hari di luar kota, ketika cucian banyak bertumpuk dengan alasan ingin cepat selesai, maka pakaian denga berat  berlebih tersebut langsung dimasukkan ke mesin cuci. Akibatnya mesin cuci mengalami overload sampai akhirnya timbul bunyi seperti baling-baling helikopter tersebut.

Akhirnya diputuskan untuk memanggil jasa service resmi LG dengan menelepon 14040 (kayak nomor delivery service saja haha). Setelah menyebutkan model mesin cuci,nama dan alamat untuk kunjungan, customer service menjanjikan hari itu teknisi akan datang. Wow, salut juga dengan service resmi LG. Tidak salah kalau service LG perah menerima Award. Urusan menemui teknisi diserahkan ke papa. Siangnya papa menelepon dan meminta saya bicara dengan teknisi yang melakukan kunjugan. Wow diinformasikan ternyata kerusakan ada pada as kopling mesin cuci dan biaya penggantian  mencapai  1 juta.. Sedangkan untuk sekedar perbaikan pada part yang rusak tidak memungkinkan. Teknisi mengatakan kerusakan disebabkan karena mesin sering bekerja dalam keadaan overload. Untuk sementara perbaikan dipending dahulu sambil memikirkan langkahterbaik. Dengan biaya sebesar itu hampir 50 persen dari harga mesin baru membuat saya berpikir ulang untuk memperbaiki  atau membeli baru. Untuk  kunjungan teknisi kali ini dikenai biaya sebesar 40 ribu

Malamnya, kami ke Hartono Elektronik Surabaya, salah satu elektronik store terlengkap di Surabaya, untuk mensurvey tipe dan harga mesin cuci baru. Ada banyak pilihan dan teknologi baru yang ditawarkan, seperti produk LG dengan DIRECT DRIVE, Samsung dengan INVERTER DRIVE. Kemudian pilihan front loading atau top loading. Ternyata TOP LOADING dengan kapasitas 8-9 KG tersedia dengan harag sekitar 2-2.4 juta. Sedangkan untuk FRONT LOADING harga 2.4 juta hanya mendapat kapasitas 6 KG, kapasitas yang lebih kecil dari mesin cuci yg sekarang. Sedang untuk kapasitas 7 KG harus ditebus dengan harga 3.4 juta. Wow cukup mahal juga dibandin dengan ongkos memperbaiki.

Akhirnya daripada beli baru diputuskan memperbaiki saja as kopling yang rusak tersebut.  Untuk itu saya menghubungi kembali service centre LG yang ternyata dianggap sebagai panggilan service baru. Ketika teknisi datang kali ini tetap tidak membawa part yang dimaksud, namun kali ini lebih memberikan solusi dengan menginformasikan rekanan LG di Gresik yang mampu membongkar mesin cuci untuk membersihkan tabungnya.  Disinyalir kondisi dalam tabung sudah kotor dan berkerak sehingga lebih baik sekaligus dibersihkan. OK, ternyata meskipun LG service resmi sangat responsif namun pada akhirnya mereka tidak melakukan apa-apa dan cenderung untuk mesin tipe lama mereka tidak mau menanganinya lagi. Mungkin mereka lebih terfokus pada penanganan masalah elektronis yang lebih simple dan tidak membutuhkan perbaikan besar.

Kemudian saya segera menghubungi jasa service di Gresik tersebut (Cv. Duta Teknik Gresik-untuk info bisa browsing sendiri ya....) dengan menyebutkan kerusakan part yang harus diganti dan minta diberi tahu ongkos total termasuk cleaning tabung. Ternyata diluar dugaan ongkos yg ditawarkan jauh lebih murah, hanya  425 ribu untuk part dan 250 ribu untuk jasa sehingga total hanya 675 ribu. OK, done langsung saya iyakan untuk perbaikan pada keesokan harinya.

Hari Sabtu, pas libur kerja, 2 orang teknisi  jauh-jauh datang dari Gresik.  Tampak mereka membawa part baru. Kemudian langsung mesin cuci dibongkar dengan sigap dan saya lihat teknisi sudah pengalaman, sehingga tahu bagian-bagian mana saja yang perlu dilepas. Langsung deh terlihat bagian dalam dari mesin cuci seperti tabung dan propeler yang berkerak. Bahkan propeler dilapisi lumpur tebal berwarna kuning. Kemudian teknisi segera membersihkan dengan menggosok kerak dan lumpur dengan disemprot air dan cairan pembersih. Ternyata cukup susah juga menghilangkan kerak air tersebut. Bayangkan selama ini telah mencuci pakaian dengan kondisi mesin cuci yang ternyata kotor.  Kemudian setelah bersih bagian-bagian mesin cuci dipasang kembali. Kemudian part as kopling baru dipasang disertai dengan penggantian fan belt (tali kipas) yang menghubungkan as kopling dengan motor penggerak. Ternyata motor penggerak terletak di samping as kopling dan masih dalam kondisi baik. Setelah dirakit dan dipasang, wowww suara putaran mesin cuci sangat halus sekali hampir tak terdengar. Dan kemudian dicoba untuk mencuci pakaian serasa seperti memakai mesin cuci baru. Proses pembuangan air sisa cucian juga lancar sehingga waktu pencucian menjadi cepat.

Endapan Lumpur Di Propeller

Kerak Di Bagian Dasar Tabung Mesin Cuci


Kerak Di Bagian Tabung Mesin Cuci

As Kopling Baru - Bagian Ini Yang Mengontrol Gerakan Tabung Mesin Cuci

Motor Penggerak Dan Fan Belt Baru


Wow.... Tabung Bersih Siap Pakai

Sekarang sudah hampir sebulan mesin cuci dipakai dengan performa yang memuaskan. Ternyata dengan membersihkan bagian dalam tabung dan mengganti as kopling bisa dikatakan hampir sama seperti mendapatkan mesin cuci baru. Beruntung kondisi casing mesin cuci kami masih bagus tidak berkarat (menurut pengakuan teknisi juga untuk usia 10 tahun mesin cuci kami masih termasuk baik).

Berikut TIPS untuk merawat penggunaan mesin cuci :
1. Menggunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitas yang direkomendasikan.  Kalau perlu membagi proses mencuci apabila cucian sangat banyak.
2. Gunakan detergen yang khusus untuk mesin cuci. Biasanya detergen ini bertandakan detergen matic. Detergen ini mempunyai daya bersih yang lebih kuat dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu juga mudah larut dalam air sehingga dapat merawat kebersihan dalam tabung dan tidak meninggalkan residu/kerak detergen.
3. Beberapa bulan sekali isi mesin cuci dengan air hangat dan lakukan proses pencucian dalam kondisi kosong (tanpa pakaian). Hal ini sebagai proses pembilasan terhadap bagian dalam mesin cuci.


Blog, Updated at: 8:01 AM

Translate

Powered by Blogger.